(وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ ۚ أَفَإِنْ مَاتَ أَوْ قُتِلَ انْقَلَبْتُمْ عَلَىٰ أَعْقَابِكُمْ ۚ وَمَنْ يَنْقَلِبْ عَلَىٰ عَقِبَيْهِ فَلَنْ يَضُرَّ اللَّهَ شَيْئًا ۗ وَسَيَجْزِي اللَّهُ الشَّاكِرِينَ)
[Surat Ali ‘Imran 144]

Keluarga ‘Imran (‘Āli `Imrān):144 – Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

Pertemuan dan perpisahan adalah sunnatullaah yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia.

Teman seperjuangan datang dan pergi silih berganti. Namun apakah perjuangan akan terhenti dengan hilang atau perginya sosok panutan? Sekali kali TIDAK. Islam ini akan tetap jaya baik kita mengambil peran didalamnya ataupun sebaliknya. maka tetap BERJUANGLAH, walau teman seperjuangan pergi meninggalkanmu baik sementara waktu ataupun selamanya kembali kepada Rabb Sang pencipta. Karena jika engkau berhenti dalam perjuangan ini maka tidak akan merubah keadaan.. temanmu tetap tidak akan kembali, sedangkan engkau tidak akan memberikan kontribusi dalam dakwah ini. Justru kerugian yang akan engkau dapatkan yang akan engkau sesali dihari kemudian.

Bagaimana kisah para sahabat sepeninggal Nabi صلى الله عليه وسلم ?

Apakah mereka berhenti berjuang?

Justru para sahabat semakin bersemangat untuk menyebarkan risalah Islam, semangat untuk menyebarkan kebaikan kepada sebanyak banyaknya manusia. Terbukti dengan semakin meluasnya daerah Islam.. dari takluknya Romawi dan Persia hingga ke Andalusia.

Jadikan perpisahanmu dengan teman seperjuangan mu sebagai cambuk untuk terus berjuang bersama sama dengan yang lain. Sungguh, tidaklah seorang pergi kecuali Allah akan berikan ganti.. doakan dia semoga semakin shalih pribadinya, semakin dekat dengan Rabbnya dan semakin bersemangat untuk menyebarkan manfaat ditempat yang berbeda.

Semangat berjuang dalam dakwah.. karena dakwah perlu nafas panjang, karena dakwah adalah jalan orang orang yang mengaku pengikut nabi Muhammad
صلى الله عليه وسلم

(Penjamin mutu Al Qur’an YPWIY)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *