Dunia Anak

Mukhoyyam Perdana

Siswa kelas 4 MI Al Wahdah melakukan Mukhoyyam. Kegiatan yang umumnya lebih dikenal dengan nama kemah ini, di adakan selama 2 hari. Bertempat di sekolah Al Wahdah, kegiatan mulai dari sabtu, 12 Mei 2018 siang hari sampai Ahad, 13 Mei 2018 sore hari, jam 16.00 WIB.

Selaku peserta kegiatan mukhoyyam adalah siswa kelas 4 MI dan siswa yang mengikuti ekstra pramuka sekolah. Seluruh siswa kelas 4 MI Al Wahdah yang berjumlah 10 siswa menjadi peserta utama ditambah 1 siswa kelas 3 MI Al Wahdah yaitu Ananda Luqman, sebagai perwakilan dari kelas 3 yang mengikuti kegiatan ektra pramuka. Total peserta berjumlah 11 anak.

Adapun acara selama kegiatan mukhoyyam beragam, baik yang dilakukan di area sekolah maupun di luar area sekolah. Baik yang sifatnya masing-masing pribadi maupun yang sifatnya dilakukan secara tim atau berkelompok. Itu terlihat dari susunan acara kegiatan mukhoyyam tersebut. Ada kegiatan pendirian tenda, kegiatan pribadi persiapan sholat, tangkap ikan, jelajah alam, memasak dll.

Selaku kepala madarasah, ustadz Muhammad Amin berharap agar kegiatan ini mampu meningkatkan kemandirian anak, menguatkan kekompakan, kerjasama dan ukhuwah.

Malam ini, 12/5/18, di akhir bulan Sya’ban 1439 adalah mukhayyam perdana MI Al Wahdah. Dimulai Sabtu siang hingga berakhir Ahad sore, in syâ Allâh, bertempat di kompleks Sekolahalwahdah. Anak-anak belajar dan praktik mendirikan tenda sendiri yang akan digunakan untuk istirahat di malam harinya. Memasak, mencuci piring & baju sendiri hingga menangkap lele sebagai menu makan mereka. Kegiatan ini diharapkan mampu memupuk kemandirian anak sejak dini, menguatkan kekompakan, kerjasama dan ukhuwah.” tulisnya menginfokan ke salah group diskusi pendidikan

Kegiatan mukhoyyam ini merupakan kegiatan perdana di sekolah. Walaupun kegiatan perdana, ada kegiatan khusus yang membedakan dengan kegiatan kemah pada umumnya, yaitu aktifitas muraja’ah Al Qur’an dan Qiyamul lail.

Selain itu anak-anak juga akan bisa merasakan kerepotan orangtua mereka selama ini, minimal dalam menyiapkan makan dan pakaian sebagai rutinitas harian. Smoga semangat birrulwalidain bertambah mengakar-menguat dalam jiwa sanubarinya. Tidak boleh ketinggalan, aktivitas murajaah menjadi menu wajib mereka, agar Al Quran semakin di hati.

Malam ini masih ada beberapa agenda lagi yang akan mereka lalui, team work activity, kebersamaan juga qiyamullail. Pagi harinya disusul agenda jelajah alam, wide game seru dll hingga siang hari…” lanjutnya menginfokan setelah turut membersamai kegiatan langsung tersebut.

Semoga kegiatan ini memiliki kesan yang berarti bagi peserta. Boleh saja ini merupakan kegiatan perdana. Tapi bisa jadi ini merupakan salah satu kegiatan yang memiliki kesan positif bagi peserta. Semoga … Aamiin. (KI)

Tinggalkan Balasan