Serial Prophetic Parenting #3
@agung_bramantya

Familylovers.., serial prophetic parenting ke-1 hingga ke-3 ini memang sengaja membidik tips-tips nabawiyah dan ilahiyah didalam mewujudkan generasi shalih dan shalihah, anak-keturunan yang menyejukkan mata. Saat anak masih 0 tahun, bahkan jauh sebelumnya. Semoga serial berikutnya bisa sharing tips untuk usia anak yang lebih dewasa.

Kini kita berada pada saat gawat darurat melahirkan. Jihadnya para ibunda. Setiap rintih dan menahan sakitnya, merupakan momen tak terkira bagi kehidupan sang-anak nantinya. Kondisi saat melahirkan sangatlah menggelisahkan dan mengkhawatirkan. Maka inilah Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam memberikan arahan kepada Asma’ binti Umais RA seraya bersabda.

“maukah kau kuajari beberapa kata yang bisa kau ucap saat kekhawatiran? (ucapkanlah): ALLAHU, ALLAHU RABBI, LAA USYRIKU BIHI SYAI-AN, Allah, Allah Rabb-ku, Aku tiada menyekutukan-Nya dengan sesuatupun” (HR Abu Dawud).

Saat persalinan sangatlah gawat nan berat bagi ibu dan bayi, karena ada kesusahan sekaligus ujian, yang berlapis-lapis. Olehnya Rasulullah di kala lain mengajarkan doa kepada sahabatnya saat menghadapi momen super gawat. Abu Bakrah meriwayatkan bahwa Nabi bersabda.

“Doa orang tertimpa ketakutan adalah: Ya Allah, hanya rahmat (kasih sayang) –Mu yang kuharap. Maka, janganlah Engkau biarkan diriku sendiri dalam sekejap mata pun, perbaikilah semua urusanku. Tiada Ilah selain Engkau” (Shahih al-Adabul Mufrad).

Sahabat.., tips prophetic parenting berupa doa dan zikir diatas memang akan ampuh, dahsyat berkerja saat kita memiliki iman dan akidah yang mantab pula. Ada ranah ghaib, metafisis yang terjadi diluar kemampuan inderawi dan logika manusiawi kita. Dan Allahu Rabbuna, Allah Tuhan semesta alam serta Rasulullah utusan mulia-Nya sebagai jaminan.

Amalkanlah.. lalu rasakan, semoga Allah memudahkan segala urusan.
Allah, Allah Rabb-ku, Aku tiada menyekutukan-Nya dengan sesuatupun.
ALLAHU, ALLAHU RABBI, LAA USYRIKU BIHI SYAI-AN.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *