Nasihat

Untaian Nasehat membaca Al Qur’an

Untaian Nasehat membaca Al Qur’an

 

1. Janganlah Engkau beri perhatian kepada Al Qur’an disisa waktumu, tapi beri ia waktu khusus, waktu tanpa seorang pun menganggumu.

2. Sebelum membaca, perbaruilah wudhumu, menghadaplah Qiblat dan mulailah dengan Isti’adzah kemudian basmalah, berharap lah keutamaan membaca Al Qur’an.

3. Pastikan suaramu yang pertengahan, tidak nyaring yang membuatmu lelah dan menganggu, bukan pula pelan yang menghantarmu bosan dan kantuk, pastikan bacaanmu pertengahan tidak terlalu cepat dan tidak pula terlalu lambat.

4. Muliakanlah Al Qur’an, Barang siapa memuliakan Al Qur’an dalam hatinya, maka Allah akan memuliakan kedudukannya di antara manusia, Maka janganlah engkau putus bacaanmu dengan perbincangan dengan fulan dan fulan.

5. Adalah generasi Salaf, apabila sedang membaca surah, maka tidak akan memutusnya kecuali sampai selesai surah, dan ini termasuk adab bersama Firman Allah. Dan tercela memutus Ayat!.

6. Apabila kamu memulai bacaanmu janganlah berpaling kepada seseorang, apabila ada yang hendak berkeperluan denganmu maka berilah isyarat izin dan ini termasuk pemuliaanmu terhadap Al Qur’an.

7. Apabila kamu mengharuskan memutus bacaanmu untuk menjawab komunikasi dengan mereka maka janganlah bersegera serta merta menjawabnya, tetapi tunggu lah sesaat sampai kamu menemukan tempat berhenti yang tepat.

8. Wajib bagimu untuk menggerakkan lisanmu saat membaca Al Qur’an, adapun membaca dalam hati tidak mencukupi dan tidak bisa dikatakan membaca, demikianlah fatwa syeikh bin Baz rahimahullah.

9. Tidak termasuk menghormati firman Allah manakala saat dirimu membaca ayat sebentar kemudian kamu membuka twitter, telegram dst kemudian kembali melanjutkan bacaan ayat, kemudian membuka media tadi, begitu seterusnya.

10. Saya menasehatimu agar pergi menuju masjid yang jauh yang tidak seorang pun mengenalmu, bagi Anda saudariku, carilah ruangan yang terpencil, supaya bisa berkhalwat dengan Firman Rabbmu maka kamu akan merasakan manisnya dan kamu dapat mentadabburinya.

11. Penting; Seburuk-buruknya teman ketika membaca adalah Hp Mu, maka saya nasehatkan dirimu agar meninggalkannya di rumah atau mobil dan kamu pergi sendirian untuk membaca Al Qur’an agar setan tidak bisa menganggumu.

12. Saat kamu membaca Al Qur’an, kamu akan melewati ayat-ayat rahmat dan janji, berhentilah sejenak disebagian ayat-ayat itu, angkatlah tanganmu, mintalah kepada Allah keutamaan darinya, yang demikian itu memiliki pengaruh kuat dalam hati.

13. Apabila kamu lambat dalam membaca atau tidak mahir dalam membaca, ketahuilah bahwasanya pahalamu dilipatgandakan, bagimu pahala dua kali, maka saya nasehatkan untuk membawa bacaan audio Al Qur’an kemudian ikutilah!.

14. Akhiri bacaanmu di penghujung surah atau lebih baik dari itu berhentilah di akhir-akhir Juz, adalah Ibnu Umar tidaklah berhenti membaca surah kecuali di akhir ayatnya.

15. Janganlah terlewatkan tadabbur sebelum berhenti membaca, atau lakukanlah hal-hal yang dapat membantumu untuk tadabbur dengan mengulangi bacaan sekali dua kali tiga kali atau sepuluh kali sampai hatimu lembut.

Semoga Allah menerima amal kita dan amalmu

Demikian lah 15 nasehatku untukmu, mudah-mudahan Allah memberi manfaat kepadaku dan kepadamu dengan kitab Al Qur’an ini, shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alaihi wa shohbihi wa sallam

Terjemahan tulisan Dr. Muhammad Abdullah Al Muhaisiny Hafidzahullah

Alih bahasa : IAH

Tinggalkan Balasan