Dunia Pengajar

Guru, Bekali dirimu!

kajian ilmu

Suatu lembaga yang memiliki visi dan misi, tentunya selalu berupaya mewujudkannya dari waktu ke waktu. Sama halnya dengan Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah Yogyakarta (YPWIY), lembaga yang memiliki visi menjadi lembaga yang syar’i dan profesional ini, berproses untuk mewujudkan cita-cita mulia itu.

Alhamdulillah adalah kata yang tepat, sebagai wujud kesyukuran lisan atas kondisi lembaga saat ini, saat melihat guru baik di Taman Tahfidz Al Qur’an (TTA) maupun Madarasah Ibtidaiyah Al Wahdah (MIA), yang sampai saat ini, masih merepresentasikan sebagai pendidik yang syar’i. Mengusung nilai-nilai Islami, baik dalam kata maupun prilakunya (In sya Allah), mudah-mudahan ini bukan berlebihan dan bukan dalam rangka mentazkiyah(menganggap suci) – walaa uzakki ‘alallahi ahada.

Hal ini bisa terlihat saat kita mengunjungi kampus sekolah, lembaga pendidikan yang terletak di Jetis Baran Sardonoharjo Ngaglik Sleman ini, dari sisi fasilitas sekolah mungkin terlihat sederhana, bahkan mungkin anda akan menilai minim fasilitas, tapi dari sisi Guru atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan, In sya Allah anda akan memberikan penilaian tersendiri. Melihat semua Ustadzah (panggilan untuk seorang Guru di sekolah) memakai pakaian yang Islami, terbiasa mengucapkan kata atau nasihat yang thayyibah atau baik, menjaga adab-adab Islam serta berprilaku Islami lainnya, maka saya sendiri merasa teduh dan tenang berada dalam suasana seperti ini, Wal hamdulillah.

“Mendidik dengan keteladanan” itulah konsep pendidikan yang hendak kami usung. Karena keteladan guru bagi kami, merupakan faktor utama dalam keberhasilan dan kesuksesan suatu pendidikan. Terkadang nasihat baik tidak membuahkan hasil karena sepi keteladanan. Sebaliknya mudahnya peserta didik melakukan prilaku buruk hasil dari melihat atau menyaksikan contoh prilaku yang buruk.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآَخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيراً (21)﴾. (سورة الأحزاب)

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan banyak mengingat Allah” Q.S. Al Ahzab ayat 21.

Cukuplah firman Allah di atas sebagai pedoman dan prilaku Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sebagai panutan bahwa mendidik dengan keteladanan adalah metode yang tepat.

Nah, dalam rangka menjaga dan meningkatkan itu semua, kami YPWIY membuat program rutin pekanan untuk Guru. Program kajian pekanan guru bersama ustadz Abu Ayub –hafidzahullah, yang juga merupakan ketua YPWIY. Alhamdulillah Sabtu, 22 Agustus 2015, kajian perdana sudah di gulirkan. Harapannya dapat meningkatkan kapasitas ilmu syar’i guru, sebagai bekal dalam kegiatan belajar mengajar setiap pekanannya, meneguhkan guru dalam upaya memberi keteladanan yang baik terhadap peserta didik, Semoga!!!

 

Senin, 9 Dzul Qo’dah 1436 H

———————————

IAH

 

 

.

Tinggalkan Balasan