Dunia Pengajar

Karakter Yang Harus Dimiliki Seorang Guru

papantulis

Guru atau pengajar adalah sebuah profesi yang mulia dan tidak bisa disamakan dengan profesi lainnya dalam hal keutamaan dan kedudukan. Semakin bermanfaat apa yang diajarkan oleh seorang guru, maka semakin tinggi pula kemuliaan dan derajatnya di sisi Allah.

Seorang guru, ketika ia mengikhlaskan amalnya hanya kepada Allah serta meniatkan ajarannya semata-mata untuk memberikan manfaat bagi manusia, mengajarkan mereka yang baik, menghilangkan kebodohan pada anak didiknya, maka hal ini akan menjadi nilai lebih kebaikannya serta sebab tambahan pahala untuk dirinya, sebagaimana sabda Rasulullah Sallallahu’alaihi wa sallam dalam hadits yang shahih,

Sesungguhnya amal perbuatan itu hanya tergantung pada niat dan setiap orang hanya akan mendapatkan apa yang diniatkannya.” (H.R. Muttafaq ‘alaih)

Menjadi seorang guru bukanlah sebuah tugas mudah. Ia sejatinya adalah sebuah tugas yang berat dan sulit –tetapi akan mudah bagi siapa yang dimudahkan oleh Allah- karena itu, dibutuhkan tauladan dalam perkara mulia ini dan tentu saja tauladan kita adalah Rasulullah Sallallahu’alaihi wa sallam, beliau adalah guru terbaik sepanjang zaman yang berhasil mendidik para sahabat menjadi anak didik yang tangguh.

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu.” (Q.s. Al-Ahzab [33]: 21)

Dan inilah beberapa karakter yang harus dimiliki oleh seorang guru yang termaktub dari setiap perbuatan dan perkataan–perkataan Nabi Sallallahu’alaihi wa sallam:

– Mengikhlaskan Ilmu untuk Allah
– Jujur
– Serasi Antara Ucapan dan Perbuatan
– Bersikap Adil dan Tidak Berat Sebelah
– Berakhlak Mulia dan Terpuji
– Tawadhu’ (Rendah Hati)
– Pemberani
– Bercanda Bersama Anak Didiknya
– Sabar dan Menahan Emosi
– Menghindari Perkataan Keji
– Berkonsultasi dengan Orang Lain

Tentu untuk membahas satu-persatu membutuhkan waktu yang sangat panjang, oleh karenanya dalam kesempatan ini kami hanya menuliskan terlebih dahulu, lalu di waktu selanjutnya akan membahas secara terperinci, in syaa Allah.

Semoga setelah membaca yang sedikit ini memberi manfaat kepada kita semua terlebih kepada kami sebagai pelaku pendidik itu sendiri. Ketika kesebelas karakter di atas belum kita temukan pada diri-diri kita, maka mari berbenah sejak saat ini agar bisa menjadi guru terbaik seperti –atau paling tidak mendekati- guru besar kita Rasulullah Sallallahu’alaihi wa sallam yang tentu tidak ada keraguan dan kekurangan pada diri beliau. Dan kepada Allah lah kita meminta kekuatan untuk mewujudkan harapan ini.

Refrensi:
Begini Seharusnya Menjadi Guru, Fuad bin Abdul Aziz asy-Syalhub.

.

Tinggalkan Balasan