Dunia Sekolah

Kegiatan Sekolah di bulan Dzul Hijjah

Manasik dan Qurban

Bulan dzul hijjah adalah bulan mulia dan memiliki keistimewaan. Terkumpul bermacam amalan ibadah di dalamnya, baik Ibadah hati, ibadah lisan, ibadah fisik dan ibadah harta. Uniknya, terkumpul pula beberapa keutamaan. Ibadah haji misalnya, dalam pelaksanaannya terakumulasi beragam keistimewaan, baik keistimewaan waktu yaitu 10 hari awal bulan dzul Hijjah, keistimewaan tempat karena Mekkah merupakan salah satu kota suci bagi umat muslim maupun keistimewaan amalan yaitu haji yang merupakan ibadah terakhir atau penutup dari rukun Islam diperuntukkan khusus bagi hambanya yang mampu. Begitu pula bagi kaum muslimin yang tidak menunaikan ibadah haji, Allah menyediakan amaliah yang tak kalah memiliki keutamaan pula. Misalnya puasa arafah yang dapat menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang, begitu pula perintah berqurban.

Berawal dari momentum-momentum itulah maka sekolah Al Wahdah melalui program kesiswaan membuat kegiatan-kegiatan dalam rangka penanaman nilai-nilai Islam sejak dini, diantaranya;

1. Manasik Haji Anak

Alhamdulillah kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 9 September 2015 berjalan dengan baik dan mendidik tentunya. Kegiatan yang bekerjasama dengan lembaga profesional seperti AIT (Al Madinah Islamic Tour and Travel) itu berjalan dengan sukses dan Lancar sesuai harapan. Selain karena ust Wandi Suwarno, S.E. sebagai seorang direktur AIT dan juga pernah menjalankan ibadah haji maka tak diragukan saat memberikan bimbingan, prosesi learning by doing berjalan dengan apik dan menyenangkan. Bahkan saat perintah untuk mabit di Mina, siswa antusias untuk mengikuti arahan dengan tidur berbaring sungguhan. Subhanallah. Tak lupa panitia kegiatan disela-sela aktifitas manasik haji, menginfokan sekaligus mengajak agar apabila ada orang tua yang berminat umrah atau haji dapat menggunakan jasa AIT yang terkenal murah dengan kualitas bersaing itu. Alhamdulillah kerjasama yang saling menguntungkan, in sya Allah!!!

2. Penyembelihan Hewan Qurban

Tahun ini adalah tahun kedua bagi sekolah mengadakan kegiatan penyembelihan hewan Qurban. Tapi tahun ini sedikit berbeda dan istimewa. Alhamdulillah dari sisi jumlah hewan yang disembelih bertambah. Kalau tahun sebelumnya kita menyembelih 3 ekor kambing, alhamdulillah tahun ini sekolah menyembelih 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing, alhamdulillah bi ni’matihi tatimus shalihat.

Bagi kami ini adalah kepercayaan dan amanah yang harus ditunaikan dengan sebaik-baiknya. Terlebih saat mendapat kepercayaan dari dr. Jodhy sekeluarga yang menyerahkan 1 ekor sapi yang memiliki berat sekitar 300kg. Begitu pula 3 ekor kambing yang berasal masing-masing dari mas Dhomas, Tasa Laurika dan Bapak Taufik. Maka bagi kami ini anugerah sekaligus amanah kepercayaan yang meningkat terhadap lembaga yang baru 2 tahun berdiri ini.

Alhamdulillah atas kemudahan yang Allah berikan dan kerjasama yang baik dari pantia serta bantuan atau suport beberapa pihak baik dari orang tua siswa maupun beberapa warga sekitar sekolah, kegiatan penyembelihan hewan Qurban berjalan dengan baik. Selanjutnya daging hewan Qurban disalurkan kepada 4 RT warga sekitar sekolah, tokoh masyarakat dan warga internal sekolah.

Tak lupa kami dari YPWIY mengucapkan banyak terimakasih kepada shahibul Qurban, Lazizway selaku mediator dan seluruh panitia kegiatan baik segenap guru serta pihak yang telah membantu kegiatan tersebut dengan iringan doa jazaakumullah khoira jazaa’. Semoga kerjasama ini bisa berlanjut dan ditingkatkan … aamiin ya Rabbal ‘Alamin.

Dari 2 kegiatan di atas banyak pelajaran yang dipetik diantaranya, pendidikan tauhid, kerja keras, kerjasama, peduli, empati dan bakti pada orang tua dll. Semoga nilai-nilai mulia itu ternanam kuat dalam jiwamu nak!!! Aamiin.

IAH

—–

(Sleman, 25 Dzul Hijjah 1436 H, bertepatan 08 Oktober 2015 M).

Tinggalkan Balasan