Dunia Anak

Kunjungan Edukatif – Peternakan UGM

Kunjungan edukatif merupakan salah satu agenda rutin yang dilaksanakan Sekolah Wahdah Yogyakarta sekurang-kurangnya empat kali dalam satu tahun. Kunjungan edukatif ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak pada lingkungan, pada alam yang ada di sekitar mereka. Kunjungan ini juga bertujuan untuk menambah wawasan anak-anak sekaligus belajar langsung dari objeknya.

Kemarin, tepat tanggal 04 November 2015 kami mengadakan kunjungan edukatif yang pertama yakni mengunjungi Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada. Semua santri Sekolah Wahdah ikut dalam kegiatan ini, baik santri TTA maupun santri MI Al-Wahdah.

Kunjungan edukatif peternakan ugm 7Kunjungan edukatif dilakukan sejak pagi sekitar pukul 08.00. Kami tiba dan langsung disambut hangat oleh pengurus Peternakan UGM. Sebelum berkeliling, kami terlebih dahulu diberikan arahan dan gambaran kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama kunjungan tersebut.

Setelah pengarahan, kami langsung diajak untuk berkeliling. Anak-anak terlihat sangat antusias. Kunjungan pertama adalah ke kandang sapi perah. Di sana sudah ada beberapa sapi perah yang siap untuk diperah susunya. Selain diberi gambaran tentang kegiatan memerah susu, anak-anak juga diberi kesempatan untuk ikut memerah susu. Masyaa Allah, anak-anak santri Al-Wahdah terlihat begitu senang. Mereka tidak merasa takut sama sekali.

Kunjungan edukatif peternakan ugm 2Setelah dari kandang sapi perah, anak-anak diajak ke kandang sapi yang masih remaja. Di sana ada beberapa sapi yang sedang hamil dan siap untuk menjadi induk sapi. Kemudian kami diajak ke kandang sapi yang masih bayi yang umurnya masih beberapa bulan.

Selain melihat-lihat sapi, kami juga diajak untuk melihat kambing dan domba. Kemudian kami juga diajak untuk melihat beberapa tempat yang ada di Peternakan UGM, seperti tempat penimbangan berat badan hewan, tempat pemotongan rumput dan penyimpanannya, serta tempat pembuatan pupuk kompos.

Terakhir, setelah diajak berkeliling sembari menambah wawasan baru tentang dunia peternakan, anak-anak diberi kesempatan untuk berkuda, salah satu objek kunjungan yang sejak awal ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Hampir semua santri MI Al-Wahdah mengambil bagian, mencoba rasanya berkuda untuk pertama kalinya.

Kunjungan edukatif peternakan ugm 6Alhamdulillah. Kunjungan akhirnya harus selesai meski anak-anak masih ingin berlama-lama. Sebelum benar-benar meninggalkan peternakan, kami berterimakasih kepada pengurus peternakan yang telah menyempatkan waktu untuk menemani dan menjelaskan banyak hal. Tak lupa, kami membawa pulang susu sapi hasil olahan Peternakan UGM yang diambil langsung dari sapi-sapi yang ada di sana.

Demikian. Harapan kami, semoga kunjungan edukatif ini mampu memberikan pengetahuan yang baru dan banyak bagi anak-anak. Lebih dari itu, telah menjadi tugas kami sebagai asatidzah untuk menanamkan kepada anak-anak bahwa Allah Ta’ala adalah benar Zat Yang Maha Pencipta dan Zat Yang Maha Penyayang. Allah menciptakan binatang untuk membantu pekerjaan manusia dan menjadi sumber makanan serta minuman bagi manusia. Masyaa Allah.

Semoga Allah masih memberi kita umur yang panjang sehingga bisa berjumpa pada kunjungan edukatif selanjutnya. Aamiin.

Wallahua’lam.

_Ustadzah HD_

.

Tinggalkan Balasan