Dunia Sekolah

Kunjungan Ke Rumah Batik Indigo

IMG00766-20150331-0854
Sambutan

 

Hari selasa tanggal 31-03-2015 kami Sekolah Al-Wahdah YPWI mengadakan kunjungan ke Rumah Batik Indigo yang letaknya tidak jauh dari sekolah.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan sekolah yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada anak didik melalui kunjungan dan praktek langsung di lapangan. Selain itu kunjungan ini juga berguna untuk membangun jiwa sosialisasi anak-anak agar terbiasa melihat dan bergaul dengan masyarakat sekitar, tidak melulu bergaul dengan yang ada di dalam sekolah.

Ketika sampai di Rumah Batik Indigo kami disambut oleh dua orang karyawati yang ramah. Salah satunya bernama Kak Tuti yang langsung memberikan sambutan atas kedatangan kami ke sana.

IMG00767-20150331-0901
Proses Pewarnaan
IMG00768-20150331-0904
Proses Pewarnaan

 Setelah beberapa kata sambutan dan mengenalkan beberapa warna alam yang diproduksi oleh Rumah Batik Indigo, Kak Tuti langsung menunjukkan beberapa proses pewarnaan batik yang bertujuan menghasilkan sebuah produk yang baik. Proses pertama yakni pewarnaan dengan cara melukis dan proses kedua dengan mencelupkan kain ke dalam cairan warna secara berulang-ulang agar warna yang dihasilkan benar-benar sesuai yang diinginkan.

IMG00770-20150331-0915
Hasil Celupan Anak-anak

Dalam kunjungan ini, anak-anak diberi kesempatan untuk mencoba proses pewarnaan kain yang kedua. Anak-anak dengan antusias mencoba mencelupkan kain yang sudah tersedia dari sekolah. Meski tidak semahir Kak Tuti, tapi mereka tetap menikmati proses pewarnaan tersebut.

IMG00772-20150331-0924
Perpisahan

Setelah anak-anak melihat dan mencoba langsung untuk mewarnai kain, tibalah saatnya kami berpisah dan kembali ke sekolah. Sebelum berpisah, kami dari pihak sekolah memberikan bingkisan dan kenang-kenangan untuk kakak-kakak di Rumah Batik Indigo.

Semoga kunjungan kali ini memberi banyak manfaat untuk anak-anak Sekolah Al-Wahdah YPWI. Kedepannya in syaa Allah kami akan mengadakan kegiatan serupa yang harapannya tidak kalah menarik dari kegiatan kunjungan kali ini.

Semoga Allah senantiasa memberikan taufiq, kekuatan, dan kesempatan untuk terus belajar dari hari ke hari. Dan semoga kami (ustadz dan ustadzah Sekolah Al-Wahdah) diberikan banyak kesabaran dalam mendidik dan mengembangkan sekolah ini.

.

Tinggalkan Balasan