Diary Guru

MOS Peduli

Begitu mungkin penamaan kegiatan perdana yang terjadi di Taman Tahfidz Anak (TTA 01) dan Madarasah Ibtidaiyyah Al Wahdah tahun ajaran 2017-2018 ini. Pasalnya, Masa Orientasi Siswa atau disingkat dengan MOS ini, umumnya berfokus terhadap kegiatan-kegiatan bertujuan memperkenalkan siswa-siswa baru terhadap sekolah. Sehingga dalam kegiatannya tak lepas dari memperkenalan anak dengan teman-teman sekelasnya, guru atau ustadz/ahnya, lingkungan sekolah berupa letak masing-masing posisi gedung dan fungsinya seperti ruang guru, toilet, perpustakaan dll. Tak terlupakan pula biasanya pengenalan aturan dan budaya sekolah. Tujuannya satu yaitu agar membantu siswa segera beradaptasi dengan lingkungan barunya, tempat dimana mereka belajar nantinya.

Nah, tahun ajaran baru kali ini, sekolah melalui panitia MOS mengemas kegiatan MOS dengan cara yang sedikit istimewa. Ada penambahan pengenalan lingkungan luar sekolah atau masyarakat sekitar sekolah dengan kegiatan pembagian sembako kepada warga yang membutuhkan. Saya sebut istimewa karena dalam kegiatan MOS tersebut ada pengenalan nilai kepedulian. Dan ini adalah hal yang mulia dan istimewa yang perlu ditanamkan kepada anak sejak dini.

Kegiatan MOS peduli ini mendapat respon walisiswa dengan baik. Melalui pesan penyampaian surat kepada walisiswa terhadap kegiatan mulia ini dua hari sebelum kegiatan, alhamdulillah walisiswa turut mendukung menyukseskan dengan mengumpulkan sedekah bahan sembako tersebut. Al hasil terkumpul 27 paket sembako untuk warga sekitar sekolah yang membutuhkan.

Pada hari pelaksanaan, tepatnya Jum’at, 21 Juli 2018 kegiatan MOS Peduli dilakukan. Sesuai agenda, acara dimulai pukul 09.00 WIB setelah kegiatan tahfidz TTA 01 selesai. Setelah anak-anak berbaris rapi sesuai kelompok yang telah ditentukan dan dengan didampingi ustadz/ah, kegiatan MOS dimulai. Mereka berjalan rapi disisi kiri jalan, menyusuri lingkungan baru di sekitar sekolah.

Masing-masing kelompok dapat menuntaskan rute perjalanan pengenalan lingkungan luar sekolah plus dengan membagikan sembako kepada warga yang membutuhkan. Pastinya setiap siswa memiliki kesan-kesan menarik dan pengalaman yang positif in sya Allah. MOS Peduli memang istimewa. Kenali lingkungannya … tumbuhkan kepedulian terhadap siswanya… Selamat kepada Panitia MOS dan segenap ustadz/ustadzah TTA dan MI Al Wahdah. Semoga berkah … aamiin.

Tinggalkan Balasan