Dunia Orang Tua

Pendidikan Adab untuk Anak

Pendidikan adab merupakan salah satu pendidikan yang paling utama diberikan kepada seorang anak. Bahkan (seharusnya), sebelum mendalami ilmu, seseorang harus terlebih dahulu mempelajari adab. Dan hal ini pulalah yang dilakukan oleh para salaf dan ulama terdahulu.

Pendidkan adab untuk anakDi bawah ini beberapa adab yang perlu kita contohkan, ajarkan dan tekankan kepada anak-anak kita, anak didik kita, maupun anak-anak pada umumnya. Semoga dengan menanamkan adab-adab tersebut, anak-anak kita mampu menjadi anak-anak yang beradab, sopan dan santun, lagi lemah lembut pada yang lain.

  1. Membiasakan anak untuk menggunakan tangan kanan ketika mengambil, memberi, makan dan minum, menulis, dan menghidangkan jamuan kepada tamu. Mengajarkannya membaca basmalah ketika hendak memulai setiap pekerjaan, terutama ketika makan dan minum, dan hendaknya dilakukan dengan duduk. Kemudian hendaknya mengucapkan alhamdulillah ketika selesai mengerjakannya.
  2. Membiasakan anak untuk hidup bersih dengan cara memotong kuku, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mengajari anak ber-istinja (bersuci dari kotoran) dengan menggunakan air.
  3. Hendaklah kita berlemah lembut dalam menasehati mereka secara rahasia dan tidak membeberkan di hadapan umum ketika mereka melakukan kesalahan. Apabila mereka terus-menerus melakukan kedurhakaannya, maka kita tidak mengajaknya berbicara selama tiga hari, namun tidak boleh lebih dari itu.
  4. Memerintahkan anak agar diam ketika dikumandangkan adzan, menjawab muadzin, kemudian setelah adzan selesai dikumandangkan, bershalawat kepada nabi dan membaca doa setelah adzan.
  5. Hendaknya kita menyediakan bagi setiap anak satu tempat tidur secara terpisah apabila memungkinkan. Jika tidak mampu, maka masing-masing anak satu selimut. Namun yang paling utama adalah mengkhususkan kamar anak perempuan dan kamar anak laki-laki. Yang demikian itu dimaksudkan untuk menjaga akhlak dan kesehatan mereka.
  6. Membiasakan mereka untuk tidak membuang sampah di jalan, dan agar mereka hendaklah menyingkirkan gangguan /rintangan yang ada di jalan.
  7. Memperingatkan mereka dari teman-tema yang memiliki perilaku buruk, serta mengawasi mereka dari nongkrong-nongkrong di pinggir jalan.
  8. Mengucapkan salam kepada anak-anak ketika bertemu di rumah, di jalan, dan di kelas.
  9. Mewasiatkan anak-anak agar berbuat baik kepada tetangga dan tidak menyakiti mereka.
  10. Membiasakan anak untuk memuliakan tamu, menghormatinya, dan memberi jamuan kepadanya.

Wallahua’lam.

_Ustadzah HD_ (Diselesaikan dengan ditemani hujan deras. Jogja, 07/12/2015)

Sumber:

  • Kiat Mencetak Anak Shalih karya Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu.

.

Tinggalkan Balasan