Dunia Pengajar

Tugas dan Kewajiban Seorang Guru

papan tulis hitam2

Seperti yang sudah diulas sebelumnya bahwa menjadi seorang pengajar (guru) bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru, di antaranya adalah hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan kewajiban.

Tugas dan kewajiban seorang guru tentu sangat berperan penting dalam perkembangan anak didiknya. Manakala seorang guru mengetahui dan memenuhi tugas dan kewajibannya, maka in syaa Allah apa yang ia cita-citakan, yakni membentuk pribadi anak yang shalih sekaligus cerdas dapat terwujud dengan mudah.

Bukan sedikit kita mendapati guru yang sekedar datang dan memberikan pengajaran seadanya kepada anak didiknya tanpa menyisipkan muatan agama di dalamnya. Bukan sedikit pula yang ternyata acuh tak acuh terhadap perkembangan siswanya; seorang anak semakin baik dalam hal akademik maupun akhlak atau malah sebaliknya, tidak menjadi perhatian guru tersebut.

Karena itu pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan beberapa tugas dan kewajiban seorang guru yang bersumber dari dalil-dalil dan kisah yang shahih, yang in syaa Allah akan kami bahas satu demi satu lebih terperinci di lain kesempatan. Tugas dan kewajiban tersebut antara lain:

  1. Memahamkan akidah yang benar dan memantapkan kualitas iman siswa pada saat proses belajar-mengajar.
  2. Memberikan nasihat kepada anak didik.
  3. Lembut kepada anak didik dan mengajarnya dengan metode yang bagus.
  4. Tidak menyebutkan nama secara langsung ketika memberi teguran.
  5. Memberi salam kepada anak didik sebelum dan sesudah pelajaran.
  6. Menerapkan system sanksi pada saat mengajar.
  7. Memberikan penghargaan kepada anak didik.

Setelah kita mengetahui tugas dan kewajiban seorang guru, maka kita berharap kepada Allah Ta’ala agar diberi kemudahan dan taufiq-Nya. Kita berdoa smeoga kita tidak termasuk dalam kategori seorang guru yang lalai terhadap tugas dan kewajibannya.

Refrensi:
Begini Seharusnya Menjadi Guru, Fu’ad bin Abdul Aziz asy-Syalhub.

.

Tinggalkan Balasan